Bagaimana Cara Memegang Pensil yang Paling Efisien? Yuk, Kenali Tahapan Memegang Pensil pada Anak

“Wah, mas Farel bisa mewarnai dengan rapi ya? Tapi coba mas Farel pegang pensil warnanya begini,” kata saya sambil membetulkan cara Farel memegang pensil warna dengan cara tripod dinamis. Yakni memegang pensil dengan menggunakan tiga jari (jari jempol, jari telunjuk, dan jari tengah). Setelah beberapa detik Farel mengubah cara memegang pensilnya seperti tadi. Yakni dengan menggunakan seluruh jarinya, menggenggam dengan keempat jarinya dan jari jempol digunakan sebagai tumpuannya.

“Dia bisa mewarnai lebih cepat sebelum dibetulkan cara memegang pensilnya,” kata patner saya sambil menoleh ke arah saya.

Hmm, saya jadi berpikir. Farel, yang berumur hampir 6 tahun  bisa mewarnai lebih cepat jika memegang pensil sesuai kebiasaanya, dengan menggunakan lima jari. Dibandingkan dengan memegang pensil secara tripod dinamis, yang diklaim oleh sebagian besar pendidik sebagai cara memegang pensil yang benar. Apakah ini dikarenakan karena faktor kebiasaan? Karena belum terbiasa memegang pensil secara tripod, mungkin Farel jadi lebih kaku dalam mengoperasikan pensil. Atau cara memegang pensil tidak mempengaruhi efisiensi dalam mewarnai/menulis? Kita cari tahu yuk, tentang cara memegang pensil pada anak dan efisiensinya untuk menulis.

Tahapan Memegang Pensil pada Anak

Cara memegang pensil merupakan gambaran posisi jari-jari yang terlibat dalam menggenggam pensil. Cara memegang pensil banyak diteliti oleh para ahli. Mereka meneliti bagaimana tahapan memegang pensil pada anak dan ada juga yang meneliti bagaimana efisiensi cara memegang pensil ketika menulis.

Tahapan memegang pensil tidak selalu muncul dalam urutan kronologis dalam kelompok usia. Blote dan Dijkstra, menemukan pola bolak-balik dalam perkembangan menulis anak. Mungkin disuatu waktu anak-anak berada dalam pola milik kelompok sebelumnya, tetapi diwaktu lain kembali lagi ke pola miliknya.

Mari kita menuju bahasan tahap memegang pensil pada anak. Tahapan memegang pensil yang saya jabarkan di sini mengacu pada pendapat Schneck dan Henderson. Dua orang peneliti ini membagi tahap memegang pensil menjadi tiga bagian. Yakni,  primitive grips, transitional grips, dan mature grips. Maaf ya,  saya tidak menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia. Takut salah 😀

  1. Primitive Grips

Ada lima pola genggaman pada tahap ini. Dimana dua diantaranya digenggam di telapak tangan (gambar a dan b). Pola primitive grip yang pertama, yakni, radial cross palmar grip. Pada pola genggaman ini ujung pensil berada di daerah sisi ibu jari tangan (gambar a) .Yang kedua, palmar supinate grasp atau biasa disebut dengan istilah transpalmar oleh Benbow. Pada pola genggaman ini, ujung pensil adalah dengan digit kelima (gambar b). Berikutnya digital pronote grasp, indeks diperpanjang sepanjang poros. Kemudian yang keempat, brush grasp atau disebut top tongue grip oleh Blote. Pada pola ini semua jari dikumpulkan di sepanjang poros dengan ujung penghapus menempel pada telapak. Terakahir, grasp with extended finger, yakni pegangan seperti tripod pertama tapi masih tanpa stabilitas dan penyempurnaan cengkeraman yang matang. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah, ya.

Gambar: Sofia Flinck

2. Transitional Grips

Terdapat ada tiga pola genggaman dalam tahap ini. Yakni cross thumb grasp atau disebut dengan istilah thumb right over oleh Sasson, static tripod grasp, dan four finger grasp atau dinamakan quadruped oleh Benbow. Semua pola genggaman pada tahap ini, lengan bawah bertumpu pada meja dan pensil dipegang diantara ibu jari dan jari.

Gambar: Sofia Flinck

3. Mature Grips

Tahap ini mencakup dua kelompak yakni genggaman lateral tripod dan genggaman dynamic tripod. Genggaman lateral tripod menggunakan ibu jari, telunjuk dan jari tengah untuk menggenggam batang pensil. Namun, ibu jari melintasi batang pensil, dan bantalan ibu jari sering bersandar pada jari telunjuk (bukan batang pensil). Pada genggaman dynamic tripod ujung ibu jari, telunjuk dan jari tengah memegangn pensil. Jempol berlawanan dengan jari, sedangkan jari manis dan kelingking ditekuk ke tangan untuk memberikan stabilitas. Lebih jelasnya kita amati gambar di bawah, yuk.

Gambar: Sofia Flinck

Bagaimanakah Cara Memegang Pensil yang Efisien?

Nah, sekarang kita sudah  mengetahui tahapan anak dalam memegang pensil bukan? Trus, bagaimana cara memegang pensil yang efisien?

Ya,  saya tidak menggunakan istilah benar atau salah untuk cara memegang pensil. Namun, saya menggunakan istilah “fungsional” atau “efisien”. Hal ini dikarenakan cara memegang pensil lebih cenderung berkaitan dengan fungsinya ketika digunakan.

Cara memegang pensil yang efisien adalah yang memungkinkan anak untuk menggerakkan jari (bukan seluruh tangan, pergelangan tangan atau lengan), karena jari lebih efisien dalam mengontrol pensil. Cara memegang pensil yang efisien ini memungkinkan anak untuk dapat menyelesaikan tugas mewarnai/menulis tanpa lelah dan juga anak dapat menyelesaikan tugas menggambar/mewarnai dengan rapi.

Seperti yang saya sebutkan diawal artikel ini bahwa banyak kalangan pendidik yang mengklaim bahwa tipe pegangan dynamic tripod sebagai cara memegang pensil yang paling benar. Dalam artikel ini “yang paling benar” berarti yang dianggap paling efisien. Tapi benarkah tipe dynamic tripod adalah yang paling efisien untuk menulis dibandingkan cara memegang pensil yang lain?

Heidi D. Schwellnus meneliti empat tipe memegang pensil yakni dynamic tripod, dynamic quadrupod, lateral tripod, dan lateral quadrupod. Keempat tipe cara memegang pensil tersebut, oleh banyak peneliti dimasukkan ke dalam ketegori mature grip. Meskipun kalau menurut skala Schneck dan Henderson sendiri dua pola masuk kategori transitional grip (lateral quadrupod  dan dynamic quadrupod). Mature grip ini merupakan cara memegang pensil yang dianggap sudah matang. Dari hasil penelitiannya, Heidi D. Schwellnus menyimpulkan bahwa kecepatan dan keterbacaan tulisan tidak berbeda untuk keempat pola pegangan pensil ini. Artinya keempat pola memegang pensil ini sama efektifnya untuk menulis.

Nah, demikianlah macam cara memegang pensil dan efisiensinya untuk menulis. Bagaimana dengan cara memegang pensil ananda? Sudah efisienkah?

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. 19 November 2021

    […] Baca juga: Bagaimana Cara Memegang Pensil yang Paling Efisien? Yuk, Kenali Tahapan Memegang Pensil pada Anak […]

  2. 21 Februari 2022

    […] Baca juga: Bagaimana Cara Memegang Pensil yang Paling Efisien? Yuk, Kenali Tahapan Memegang Pensil pada Anak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *