Mengulas Antologi  “Nala Ingin kaya”

Judul : Nala Ingin kaya

Penerbit : SIP Publishing

Tahun terbit : 2021

Cetakan ke : 1

Ukuran buku : A5

Tebal : vi + 122

ISBN : 978-623-337-470-5

Nala Ingin Kaya merupakan judul buku antologi cerita anak. Di dalamnya terdapat dua puluh cerita anak. Masing-masing cerita ditulis oleh penulis yang berbeda.

Cerita-cerita dari penulis-penulis ini dihasilkan setelah mengikuti workshop bersama Dian Onasis yang diselenggarakan oleh penerbit SIP Publishing. Cerita yang termuat dalam buku ini merupakan karya yang lolos hasil kurasi dari ratusan penulis lain yang telah mengirimkan naskah ke penerbit.

Cerita anak di dalam buku ini terdiri dari bermacam-macam jenis. Ada cerita anak jenis cerpen dengan tokoh manusia dan latar kehidupan sehari-hari. Antara lain cerita dengan judul Nala Ingin Kaya karya Septi Wahyuni, Harta Karun Amanda karya Linda Satibi, Rino Janji Tidak Ngebut Lagi karya Yusfin Rahayu dan beberapa cerpen anak lainnya. Selain itu ada juga cerita jenis fabel. Cerita anak dengan tokoh binatang yang memiliki karakter seperti manusia. Beberapa cerita jenis fabel, antara lain cerita dengan judul Persahabatan Semut merah dan Semut Hitam karya Atik Setyowati, Lalat dan Kupu-Kupu karya Tazkiyah Imul, Kisah Ebo dan Jali karya Anis Septiani dan beberapa cerita fabel lainnya. Ada pula cerita anak jenis dongeng. Yakni cerita fiktif dan imajinatif yang tidak benar-benar terjadi. Contoh cerita dongeng dalam buku ini yakni cerita dengan judul Putri Kemala Ingin Tidur karya Gayuh Eki Septiani.

Cerita-cerita di dalam buku ini memiliki alur dan tata bahasa kepenulisan yang sudah bagus. Bahasa yang digunakan cukup mudah dimengerti dan tidak bertele-tele. Buku ini sangat cocok untuk anak usia Sekolah Dasar. Tapi tidak bisa dipungkiri, buku ini juga sangat sesuai untuk anak usia di bawahnya dengan pendampingan orang tua.

Baca juga: Pelangi Buatan Mama

Membaca buku cerita Nala Ingin Kaya ini serasa diajak penulis untuk bertualang ke berbagai dunia. Kita diajak masuk ke dunia manusia, ke dunia binatang, bahkan ke dunia dongeng yang penuh fantasi. Membaca setiap cerita di buku ini seperti orang kehausan di padang pasir yang menemukan sebuah oasis. Banyak makna-makna tersirat penuh hikmah yang tentu mampu menjadi pembelajaran bagi yang mau mengambilnya.

Baca juga: Persahabatan Pio dan Manis

Penerbit buku ini sangat memperhatikan tingkat kenyamanan pembaca. Hal ini terlihat dari pemilihan bahan cetak/kertas book paper yang mempunyai warna jelas namun tidak terlalu terang. Dengan demikian mata pembaca tidak akan mudah lelah ketika membacanya. Selain itu bahan kertas ini cukup ringan bila dibandingkan dengan bahan kertas lainnya sehingga meskipun memiliki ketebalan 122 halaman buku ini tidak terlalu berat ketika dipegang.

Nah, bagi yang sedang mencari buku cerita untuk dibaca dan menambah koleksi di perpustakan, Nala Ingin Kaya patut dipertimbangkan. Segera cari di toko buku kesayangan kamu. 🤗

Mungkin Anda juga menyukai

10 Respon

  1. Nuri Rie berkata:

    Keren bisa nulis cerita anak, mbaa 🔥🔥🔥👏👏👏

  2. Apiida Sokoomah berkata:

    Menulis cerita anak memang ada seninya. Saya belum berhasil untuk membuatnya. Ho ho, jadi penasaran dengan isinya.

  3. Sakif berkata:

    Wah.. Penasaran isinya nih, seseru apa ya ceritanya

  4. Esy Kanastari berkata:

    Wah, bisa jadi referensi untuk para Moms nih. Makasih sharingnya, Kak.

  5. Juwita berkata:

    Penasaran sama Nala nih.. sukses mbam

  6. Yatmi Tuge berkata:

    Banyak ragam cerita, membuat anak gak bosan bacanya. Pas untuk orang tua yang nyari buku buat anaknya.

  7. Yusriah berkata:

    barakallah atas kelahiran buku antologinya mba 😍 buku cerita anak-anak memang cerita yang menyenangkan 😇 sukseess

  8. Dhona Romadhona berkata:

    Dalam buku antologi, ada banyak judul dari masing-masing penulis. Mengapa Nala ingin kaya menjadi judul yang dipilih? Mungkinkah ada keunggulan dari ceritanya kak?

    • Atik Setyowati berkata:

      Ya. Pesan moralnya yang mengena banget. Tentang konsep “kaya” yang sesungguhnya ke anak. Kaya tak sekedar kaya dalam bentuk harta. Hemm, seperti ini pun bisa dikemas dalam bentuk cerita yang menarik.

  9. Ini buku cerita anak kayanya menarik, kebetulan aku juga suka banget cerita anak begini, lebih ringan tapi banyak pelajaran~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.