Pinus Pengger, Tempat Wisata yang Adem Meski Cuaca Panas

Apa sih, yang sering kita pertimbangkan saat ingin berwisata? Hal pertama dan utama tentu jawabnya biaya. Ya, tentu kita akan memilih berwisata sesuai dengan budget. Masak iya, mo piknik harus ngutang dulu? Haram hukumnya ya. Hehe…

Selain itu apa lagi ya? Kalo saya pribadi sih, cuaca. Enggan pikniklah kalo hujan. Atau kalau cuaca pas panas banget. Ini nih, bikin gerah dan cepat lelah. Boro-boro menikmati tempat wisata, spontan pasti saya buru-buru pengen nyari tempat berteduh. Faktor cuaca inilah yang menjadi pertimbangan tersendiri bagi saya, khususnya saat ingin berwisata di destinasi wisata outdoor.

Kabar baiknya, di Jogja banyak destinasi wisata outdoor yang tetap sejuk meski cuaca panas. Salah satunya yakni hutan Pinus Pengger.

Rimbunnya pepohonan pinus yang memenuhi hutan ini menjadikan tempat ini tetap sejuk, meski kita datang tengah hari terik sekalipun. Semilir angin yang berhembus juga meminimalisir hawa panas yang mencoba menerobos melalui celah-celah pohon.

Suasana yang sejuk, menenangkan, dan asri di hutan ini menjadi pilihan yang pas bagi kita yang ingin menepi sejenak dari aktivitas yang menjemukan. 

Baca juga: Litto, Wisata ala Jepang di Jogja

Lokasi

Destinasi alam pinus Pengger terletak di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju hutan pinus Pengger dari kota Jogja, kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Jalan yang dilewati untuk sampai di Pengger sudah baik. Jalurnya dapat dilalui kendaraan roda dua hingga bus sekalipun. Jangan khawatir tidak mendapatkan tempat parkir. Area parkir yang disediakan pihak pengelola cukup luas untuk menampung banyak kendaraan sekaligus. 

Yang Menarik dari Pinus Pengger

Banyak hal menarik yang bisa kita nikmati di Pengger. Beberapa diantaranya antara lain:

  1. Pemandangan Alam yang Indah

Anda ingin melihat keindahan kota Jogja dimalam hari? Atau menikmati pemandangan alam dicuaca yang cerah disiang hari? Nah, Pengger menjadi pilihan yang cocok. Dari ketinggian di hutan pengger ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah dicuaca yang cerah. Atau pada malam harinya kita bisa melihat layaknya kerlipan berjuta bintang dari suasana kelap-kelip lampu di kota Jogja.

  1. Area yang Intagramable

Memasuki area hutan, beragam spot foto yang dirancang pengelola sangat memanjakan para pengunjung yang ingin berfoto ria. Beberapa spot foto itu dibuat dari ranting tanaman merambat yang dulu banyak tumbuh di area hutan tersebut. Dengan landskap pemandangan alam yang kece habis, beberapa spot foto ini menjadi incaran para pengunjung. Diantaranya: pancawara yang berupa tangan raksasa, spot foto jempol, spot foto yang menyerupai rumah indian dengan lubang di tengahnya, jembatan pinus pengger, jembatan pohon dan spot foto akar melingkar yang keren banget. Selain itu, tentu masih banyak spot-spot foto yang bisa dibidik pengunjung dengan latar yang pasti memukau.

  1. Camping Area yang Asyik

Di area Pengger banyak camping ground yang bisa kita pergunakan untuk mendirikan tenda. Membayangkan camping di sini bersama keluarga. Dilengkapi suasana siang hari yang sejuk dan malam hari yang  bisa dihabiskan dengan menikmati pemandangan kerlap-kerlip kota jogja tentu langsung membangkitkan jiwa tualang kita bukan. Hehe ….

  1. Fasilitas yang lengkap

Fasilitas di dalam hutan Pengger cukup lengkap. Jangan khawatir kelaparan meski kita ada di dalam hutan. Selama isi kantong kita masih ada, kita bisa jajan di warung yang ada di dalam hutan ini. Selain warung, beberapa fasilitas di sini membuat pengunjung semakin nyaman. Sebut saja gazebo, gardu pandang, mushola, dan toilet.

Baca juga: Sensasi Cokelat yang memukau dari Jogja. Ya, Monggo!

Banyak hal menarik yang bisa kita temui di Pengger bukan? Jadi, apa kalian tertarik untuk camping atau sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan alam di hutan pinus Pengger ini? Megendakan waktu liburan bersama keluarga atau teman ke Pengger tentu menjadi kewajiban setelah kalian membaca artikel ini. Hehe …. Cuss, piknik yuk.

Mungkin Anda juga menyukai

15 Respon

  1. Nuri Rie berkata:

    Ngekeh waktu baca “mau piknik harus ngutang dulu”
    😅😅😅

    Bela2in itu emang ya, mbaa 🤭

  2. Iin Fauziah berkata:

    Wow, viewnya keren 😍. Sangat memanjakan mata 😀. Andai dekat… Inginku meluncur ke sana 😁

  3. dian purnama berkata:

    Wah mau camping di situ, seru pasti, hawanya seger. Makasih infonya mba, emang lagi cari temoat piknik buat wiken ini

  4. Mei Daema berkata:

    saya pernah berkunjung ke tempat ini kak, seru banget memang tempatnya, adem, sejuk dan senangnya di sini tidak terlalu ramai waktu saya ke sana, jadi kangen Jogja lihat ini

  5. Nurul Noviyanti berkata:

    Piknik is my dream mbak!

    Save ah, buat simpenan lokasi pikniknanti kalo mudik Jogja 😍

  6. Kennia berkata:

    Sepertinya dulu belum sebagus ini. Tapi dulu sudah digunakan untuk foto-foto iklan dan prewedding. Tahun berapa ya lupa, masih kuliah dulu

  7. Widyaningsih berkata:

    Aku pernah ke sini pas Family gathering. Enak banget tempatnya

  8. Oemy Ikbar berkata:

    Kalau enggak punya uang jangan piknik dulu ya…wkwkwkwk.

    Alam Indonesia indah tiada tara…masyaAllah.

  9. Ning! berkata:

    Kayaknya seru nih camping di sana bareng keluarga, apalagi pemandangannya itu bagus dan hijau-hijau. Fasilitasnya juga terbilang lengkap lagi, aku bookmark ya mba, buat rederensi jalan-jalan nanti, hehe

  10. Monica Rasmona berkata:

    Bener banget, Mbak. Budget liburan itu memang harus dipersiapkan sebelumnya. Jangan sampai menggunakan uang panas. Niatnya healing nanti malah jadi pusing. 😅

  11. nita berkata:

    kalo di daerah jawa barat mungkin semisal Cikole, yaa…tapi ini lebih kereen. banyak tempat wisata keren2 ternyata di Jogja,..mudah2an diparengi bisa tandang. thankyou for sharing, mba.

  12. Jadi kangen aroma hutan Pinus yang nyegerin. Hmmmm….

    Di Jogja banyak destinasi wisata menarik. Jadi harus berapa hari kalau mau ke Jogja?

  13. saraah megha berkata:

    sukaaaa bangeeet sama outdoor giniii, ada tiket masuknya mbak?

  14. Laily Fitriani berkata:

    Bener banget kalau mau camping itu harus tahu cuacanya ya Mbak, biar aman dan lancar.

  1. 26 Mei 2022

    […] Baca juga: Pinus Pengger, Tempat Wisata yang Adem meski Cuaca Panas […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.