Waspadai Kebiasaan Anak Makan Sambil Melihat HP

“Kalo aku Mah, anak aku pinjemi HP kalau waktunya makan. Habis kalau nggak gitu makannya sulit.” Terdengar obrolan salah satu mama muda saat aku sedang menunggui anakku les renang. Apakah Bunda pernah mengalami hal serupa? Sengaja membiarkan anak asyik nge-game, atau nonton YouTube dengan HP-nya saat waktunya makan. Mungkin Bunda akan berpikir ulang untuk membiarkannya jika mengetahui dampak buruk makan sambil bermain HP pada anak berikut ini.

Gambar unplash

Dampak Buruk Makan Sambil Main HP

Saat makan anak harus terlibat aktif. Ini adalah waktu  ia bereksplorasi dengan makanan untuk melatih kemampuan motorik halus dan oromotornya. Khususnya pada anak yang berusia 6-9 bulan. Fase ini merupakan periode kritis dimana anak melatih otot-otot makan yang ada. Jika anak asyik dengan HP-nya saat makan, hal ini akan mengakibatkan anak kehilangan konsentrasi terhadap makanan dan lebih memilih bermain dengan HP-nya. Hal ini bisa mengakibatkan anak mengalami gangguan makan seperti kesulitan menghisap, menelan, dan mengunyah. Selain itu, saat anak bertambah besar, ia tidak bisa makan makanan dengan tekstur kasar seperti anak lain seusianya. Apalagi, jika anak makan sambil melihat HP dengan disuapi orang tua atau pengasuhnya. Hal demikian dapat mengakibatkan anak mengalami keterlambatan keterampilan makan sendiri.

Konsentrasi makan yang terganggu, menjadikan proses mengunyah anak pun menjadi terganggu. Efeknya bisa sampai ke pencernaan, seperti memicu tersedak atau sakit perut.

Konsentrasi anak yang terfokus pada HP saat makan juga mengakibatkan terganggunya sinyal dari perut ke otak. Akibatnya anak menjadi kehilangan kepekaan terhadap rasa lapar dan kenyang. Hal ini cenderung membuat anak makan lebih banyak sehingga bisa mengakibatkan obesitas pada anak.

Ajarkan Anak Mindful Eating Sejak Dini

Gambar unplash

Setelah mengetahui berbagai dampak buruk kebiasaan makan sambil melihat HP, tentu segala upaya akan Bunda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut bukan? Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan yakni mengurangi durasi bermain HP pada anak. Misalnya, anak terbiasa pakai HP 30 menit, kurangi menjadi 20 menit. Setelah itu, kurangi lagi menjadi 10 menit dan seterusnya sampai kebiasaan anak main HP saat makan benar-benar hilang. Selain itu, Bunda juga bisa membuat kesepakatan dengan anak bahwa ia boleh main HP jika sudah selesai makan.

Setelah itu, Bunda juga harus mengajarkan anak untuk mindful eating sejak dini. Makan dengan penuh kesadaran ini sangat baik untuk melatih keterampilan makan anak. Dengan mindful eating menjadikan anak mengunyah dengan baik sehingga makanan mudah ditelan, dicerna, dan memberi efek cepat kenyang.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa kebiasaan anak makan sambil melihat HP harus kita waspadai. Apakah Bunda punya cara lain untuk melepaskan candu HP saat makan pada anak?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *